Sunday, October 24, 2021

Tujuan Penetapan Harga (skripsi dan tesis)

 


Menurut Malau (2016:148) tujuan penetapan harga diklasifikasikan ke
dalam beberapa kelompok yaitu:
1. Tujuan Berorientasi pada Laba
Tingkat laba yang sesuai atau pantas sebagai sasaran laba. Ada dua jenis target
laba yang biasa digunakan, yaitu target marjin dan target ROI (Return on
Investment).
2. Tujuan Volume
Tujuan pada volume tertentu atau volume pricing objective yaitu harga
ditetapkan sedemikian rupa agar dapat mencapai target volume penjualan atau
pangsa pasar.
3. Tujuan Berorientasi pada Citra
Citra (Image) perusahaan dapat dibentuk melalui strategi penetapan harga.
Perusahaan dapat menetapkan harga yang tinggi untuk membentuk atau 
mempertahankan citra prestisius. Sementara itu harga rendah dapat digunakan
untuk membentuk citra nilai tertentu (image of value), misalnya dengan
memberikan jaminan bahwa harganya merupakan harga yang terendah di suatu
wilayah tertentu. Pada hakekatnya baik penetapan harga tinggi maupun rendah
bertujuan untuk meningkatkan persepsi konsumen terhadap keseluruhan bauran
produk yang ditawarkan perusahaan.
4. Tujuan Stabilitas Harga
Dalam pasar yang konsumennya sangat sensitif terhadap harga, bila suatu
perusahaan menurunkan harganya, maka para pesaingnya harus menurunkan
pula harga mereka. Kondisi seperti ini yang mendasari terbentuknya tujuan
stabilisasi harga dalam industri-industri tertentu (misalnya minyak bumi).
Tujuan stabilisasi dilakukan dengan jalan menetapkan harga untuk
mempertahankan hubungan yang stabil antara harga suatu perusahaan dan harga
pemimpin industri (industri leader).
5. Tujuan-Tujuan Lainnya
Harga dapat pula ditetapkan dengan tujuan mencegah masuknya pesaing,
mempertahankan loyalitas pelanggan, mendukung penjualan ulang atau
menghindari campur tangan pemerintah.

No comments:

Post a Comment