Sunday, October 24, 2021

Perilaku Konsumen (skripsi dan tesis)

 


Menurut Abubakar (2018:82), perilaku konsumen adalah kegiatan yang
dilaksanakan oleh individu, kelompok atau organisasi yang berhubungan dengan
proses pengambilan keputusan dalam mendapatkan dan mempergunakan barang,
jasa dan gagasan yang dapat dipengaruhi oleh lingkungan
Sedangkan perilaku konsumen menturut Prianso (2017:62) adalah perilaku
yang ditampilkan oleh konsumen saat mereka mencari, membeli, menggunakan,
mengevaluasi, dan menghabiskan produk dalam rangka memenuhi kebutuhan dan
keinginannya.
Menurut Malau (2016:217), ada empat aspek kunci tentang perilaku
konsumen yaitu:
1. Keputusan pemasar yang sukses oleh perusahaan komersial, organisasi
nirlaba, dan lembaga regulator membutuhkan informasi lengkap tentang
perilaku konsumen. Perilaku konsumen sangat penting untuk
mempengaruhi keputusan. 
2. Perlunya untuk mengumpulkan informasi tentang konsumen tertentu
yang terlibat dalam keputusan pemasaran yang dihadapi. Dalam hal ini,
pemasar perlu mengetahui keinginan konsumen melalui hal-hal berikut:
a. Apa yang difikirkan konsumen tentang produk kita dan produk
pesaing.
b. Apa yang difikirkan konsumen tentang kemungkinan perbaikan
dalam produk kita.
c. Bagaimana konsumen menggambarkan produk kita.
d. Bagaimana sikap konsumen terhadap iklan kita.
e. Bagaimana penilaian mereka tentang harga produk dan jasa kita.
3. Mengungkapkan bahwa perilaku konsumen adalah proses
multidimensional yang komplek. Penelitian yang seksama tidak
memberikan jaminan seratus persen sukses tetapi meningkatkan
peluang sukses
4. Praktek pemasaran dirancang untuk mempengaruhi perilaku konsumen
melibatkan isu-isu etis yang mempengaruhi perusahaan, individu dan
masyarakat. Semua keputusan dan peraturan pemasaran didasarkan
pada asumsi dan pengetahuan tentang perilaku konsumen.

No comments:

Post a Comment