Saturday, October 23, 2021

Manfaat Customer Relationship Management (skripsi dan tesis)

 


Dalam penerapannya, CRM memberikan sejumlah manfaat utama sebagai
berikut (Tjiptono, 2006):
a. Efisiensi biaya dalam melayani repeat customer. Karena biaya yang
dibutuhkan untuk menarik pelanggan cenderung lebih mahal dibandingkan
mempertahankan pelanggan lama.
b. Kepuasan dan loyalitas pelanggan. Adanya dukungan dan kepercayaan
pelanggan menjadi salah satu sumber kekuatan dalam mempengaruhi daya
survival perusahaan untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas
pelanggan.
c. Gethok tular positif. Berdasarkan konsep loyalitas, pelanggan yang puas
dan loyal terhadap produk/jasa perusahaan sangat berpotensi
menyebarluaskan pengalaman positifnya kepada orang lain. 
d. Perusahaan berusaha menjalin relasi dengan pelanggan tujuan
mendapatkan laba melalui penjualan produk dan jasa.

No comments:

Post a Comment