Sunday, October 24, 2021

Proses Keputusan Pembelian (skripsi dan tesis)

 


Keputusan pembelian konsumen menjadi fokus dalam menentukan
eksistensi perusahaan (Ismayana dan Hayati, 2018). Kotler dan Keller (2016:195)
menyatakan bahwa proses keputusan pembelian terdiri dari lima tahap sebagai
berikut. 

1. Problem recognition (Pengakuan Masalah)
Proses pembelian dimulai saat pembeli mengenali masalah atau perlu dipicu
oleh rangsangan internal atau eksternal. Dengan satu stimulus internal
kebutuhan normal seseorang.
2. Information search (Pencarian Informasi)
Konsumen tertarik mungkin atau mungkin tidak mencari informasi lebih
lanjut. Jika drive konsumen kuat dan produk yang memuaskan sudah dekat, ia
mungkin membelinya kemudian. Jika tidak, konsumen dapat menyimpan
kebutuhan dalam memori atau melakukan pencarian informasi yang terkait
dengan kebutuhan
3. Evalution of alternatives (Evaluasi Alternatif)
Evaluasi alternatif itu adalah bagaimana konsumen memproses informasi
untuk sampai pada pilihan merek.
4. Purchase decision (Keputusan Pembelian)
Umumnya, keputusan pembelian konsumen akan membeli merek yang paling
disukai, tapi dua faktor bisa datang antara niat beli dan keputusan pembelian.
Pengenalan Masalah Pencarian Informasi Evaluasi Alternatif Keputusan Pembelian Perilaku Pasca Pembelian 
5. Postpurchase behavior (Perilaku Pasca Pembelian)
Setelah pembelian, konsumen mungkin mengalami disonansi dari melihat fitur
menggelisahkan tertentu atau mendengar hal-hal baik tentang merek lain dan
akan waspada terhadap informasi yang mendukung keputusannya.

No comments:

Post a Comment