Thursday, March 30, 2023

Definisi Kinerja

 


Menurut Mathis dan Jackson (2002), kinerja pada dasarnya adalah apa yang dikerjakan dan yang tidak dikerjakan oleh karyawan. Kinerja karyawan mempengaruhi seberapa banyak mereka memberikan kontribusi kepada perusahaan. Jadi pada dasarnya kinerja adalah sebuah pengabdian karyawan yang diberikan kepada perusahaan.
Sedangkan, kinerja tenaga penjual adalah suatu evaluasi dari kontribusi tenaga penjualan untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi (Baldauf, et al., 2001:111). Selanjutnya menurut Baldauf, et al. (2001) kinerja tenaga penjualan secara konseptual berguna untuk menguji kinerja yang berkenaan dengan perilaku atau aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh tenaga penjualan, dan hasil-hasil yang dapat didistribusikan pada usaha-usaha mereka. Kinerja tenaga penjualan dievaluasi menggunakan faktor-faktor yang dikendalikan oleh tenaga penjualan itu sendiri, yaitu berdasarkan perilaku tenaga penjualan dan hasil yang diperoleh tenaga penjualan. Dimana kinerja perilaku adalah perilaku yang ditampilkan oleh tenaga penjualan, dan kinerja hasil adalah hasil yang didapat dari usaha tenaga penjualan.
Berdasarkan definisi kinerja yang telah dikemukakan diatas, dalam penelitian ini peneliti menggunakan definisi menurut Baldauf, et al. (2001) yang
menyebutkan bahwa kinerja hasil, yaitu hasil yang didapat dari usaha tenaga penjualan.

No comments:

Post a Comment