Thursday, March 30, 2023

Pengertian Pengembangan Produk

 


Menurut Kotler dan Amstrong (2008:309), pengembangan produk adalah
mengembangkan konsep produk menjadi produk nyata untuk dapat memastikan 
bahwa ide produk dapat di ubah menjadi produk yang bisa dikerjakan.
Pengembangan produk merupakan strategi pemasaran yang memerlukan
penciptaan produk baru yang dapat dipasarkan, proses merubah aplikasi untuk
teknologi baru ke dalam produk yang dapat dipasarkan. Pengertian pengembangan
produk meliputi:
1. Produk baru yaitu:
a. Produk yang benar-benar inovatif dan unik
b. Produk pengganti yang benar- benar berbeda dan produk yang sudah
ada
c. Produk imitatif, yaitu produk yang baru bagi perusahaan tertentu tetapi
bukan baru di dalam pasar
d. Produk yang menggunakan bahan baku baru sama sekali
2. Pengembangan produk:
a. Riset pemasaran
b. Rekayasa
c. Desain
3. Modifikasi produk, yaitu memperbaiki produk yang sudah ada yang
meliputi kualitas, fitur, dan style yang tujuannya meningkatkan penjualan.
Modifikasi produk menciptakan tiga dimensi, yaitu:
a. Perbaikan mutu (quality improvement)
b. Perbaikan cirri-ciri khas (feature Improvement)
c. Perbaikan gaya enent (style improvement) 
4. Merchandising, yaitu semua aktivitas perencanaan baik dari produsen
maupun pedagang yang dimaksudkan untuk menyesuaikan antara produkproduk yang dihasilkan dengan permintaan pasar.

No comments:

Post a Comment