Thursday, March 30, 2023

Tujuan Pengembangan Produk

 


Penekanan dari pelaksanaan strategi pengembangan produk adalah untuk
meningkatkan daya tarik produk, dan sekaligus menjaga citra dari merek dan
reputasi perusahaan, serta memberikan pengalaman positif bagi pelanggan. Maka
dari itu, dibutuhkan suatu pengembangan dalam memperluaskan dan
mempertahankan bisnis tersebut agar dapat berjalan dengan baik, David
(2009:260). Menurut Buchari (2000:101) dalam Rini (2016:34) tujuan
pengembangan produk adalah:
1. Untuk memenuhi keinginan konsumen yang belum puas
2. Untuk menambah omzet penjualan
3. Untuk memenangkan persaingan
4. Untuk mendaya gunakan sumber-sumber produksi
5. Untuk meningkatkan keuntungan dengan pemakaian bahan yang sama
6. Untuk mendaya gunakan sisa-sisa bahan
7. Untuk mencegah kebosanan konsumen
8. Untuk menyederhanakan produk
Menurut Swastha (2010:29-30) dalam Rini ( 2016:34 ) indikator sangat
penting dalam mempengaruhi pengembangan produk yaitu:
1. Perbaikan bentuk yang telah ada 
2. Perluasan lini produk
3. Penambahan model yang ada
4. Meniru strategi pesaing
5. Penambahan produk baru

No comments:

Post a Comment