Thursday, March 30, 2023

Kepuasan kerja

 


Kepuasan kerja merupakan salah satu sikap penting yang mempengaruhi
perilaku manusia di tempat kerja. Kepuasan kerja adalah keadaan emosional 
yang menyenangkan atau positif yang dihasilkan dari penilaian pengalaman
kerja atau pekerjaan seseorang (Hettiararchchi dan Jayarathna, 2014). Seseorang yang memiliki tingkat kepuasan kerja yang tinggi memiliki sikap
positif terhadap pekerjaan; seseorang yang tidak puas dengan pekerjaannya
memiliki sikap negatif tentang pekerjaan itu (Robbins, 2011).
Judge dan Bono (2001) dalam Nafei (2015) menyatakan bahwa kepuasan
kerja memiliki dua sub dimensi, yaitu kepuasan internal dan kepuasan
eksternal. Kepuasan internal terdiri dari kesempatan untuk menunjukkan
kemampuan, rasa pencapaian yang diperoleh dari pekerjaan, nilai etika kerja,
dan kesempatan untuk memberikan layanan. Kepuasan eksternal terdiri dari
jenis pekerjaan, gaji, saluran yang tidak terhalang untuk promosi, lingkungan
kerja dan peralatan. Kepuasan kerja dapat diukur dari sisi kepuasan dengan
gaji, promosi, rekan kerja, supervisi dan kerja atau penilaian kepuasan secara
keseluruhan

No comments:

Post a Comment