Saturday, July 29, 2023

Bauran Pemasaran

 


Menurut Priansa (2017:38) bauran pemasaran atau marketing mix adalah alat
yang digunakan perusahaan dalam pemasaran. Menurut Kotler & Amstrong
(2014:75) dalam Yuliantari et al., (2020:3), bauran pemasaran merupakan
seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus
mencapai tujuan perusahaannya di pasar sasaran.
Menurut Alma (2014:205) dalam Yuliantari et al., (2020:3) marketing mix
merupakan strategi mencampur kegiatan-kegiatan marketing, agar dicari
kombinasi maksimal sehingga mendatangkan hasil yang paling memuaskan.Lebih lanjut lagi menurut Kotler & Amstrong (2012) dalam Priansa (2017:38)
bauran pemasaran adalah kumpulan alat pemasar taktis terkendali-produk, harga,
dan promosi yang dipadukan perusahaan untuk menghasilkan respons yang
diinginkan nya di pasar sasaran. Empat komponen dalam bauran pemasaran
barang, yaitu produk (product), harga (price), distribusi (place), dan promosi
(promotion).
Bauran pemasaran merupakan kombinasi dari berbagai faktor yang
dikendalikan perusahaan dan membentuk sistem pemasaran untuk mewujudkan
tujuan perusahaan pada pasar sasaran (Yuliantari et al., 2020:3).
Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa marketing mix atau bauran
pemasaran merupakan alat pemasaran perusahaan untuk mendatangkan hasil yang
paling memuaskan dalam rangka menciptakan respon keinginan dari pasar dan
terus dilanjutkan untuk mewujudkan kepuasan konsumen dan mencapai tujuan
perusahaannya di pasar sasaran.

No comments:

Post a Comment