Saturday, July 29, 2023

Persepsi Harga

 


Schiffman (2007) mengemukakan pandangan konsumen terhadap
harga atau disebut dengan persepsi harga yaitu tinggi dan rendahnya harga
sebagai keadilan dimana hal ini memiliki pengaruh yang kuat pada dua hal
yaitu niat beli dan kepuasan pembelian. Schiffman (2007) mengatakan bahwa
persepsi ketidakadilan harga berpengaruh terhadap persepsi konsumen dari
nilai produk dan akhirnya mempengaruhi keinginan konsumen untuk
mengunjungi toko atau jasa layanan.
Dalam Wu dan Chen (2014) Zeithmal (1988) berpendapat bahwa
persepsi harga merupakan perasaan dalam diri konsumen dimana konsumen
memiliki pengetahuan mengenai harga produk. Jadi persepsi harga adalah
penilaian pribadi konsumen terhadap harga suatu produk apakah sesuai
dengan manfaat yang diterima konsumen. Petrick (2002) mengusulkan enam
indikator untuk mengukur persepsi harga konsumen yaitu pembelian yang
sangat baik, nilai yang setara, di atas nilai, harga yang wajar, ekonomi, dan
perdagangan yang baik.

No comments:

Post a Comment