Saturday, July 29, 2023

Persepsi Kualitas

 


Persepsi Kualitas adalah pengukuran keseluruhan dari keistimewaan atau
keunggulan produk berdasarkan konsumen dari produk atau jasa bersangkutan
(Myers & Shocker, 1981 dalam Li 2017:99). Persepsi Kualitas adalah penilaian
konsumen tentang keunggulan atau keistimewaan keseluruhan pada produk
(Zeithaml, 1988 dalam Shintaputri and Wuisan, 2017:31). Persepsi Kualitas
benar-benar bersifat subyektif dan berbeda dengan kualitas sesungguhnya.
Persepsi Kualitas adalah konsep yang lebih abstrak dibandingkan dengan atribut
tertentu dari produk.
Persepsi Kualitas dapat diukur dengan empat buah dimensi, yaitu
dimensi daya tahan, perawatan, kinerja dan gengsi (Shintaputri and Wuisan,
2017:32). Dimensi daya tahan meliputi ketahanan usia produk, daya tahan tanpa
perbaikan, dan daya tahan dari kerusakan. Dimensi perawatan terdiri dari
kemudahan diperbaiki, daya tanggap perawatan, dan jaminan dari perawatan.
Dimensi kinerja terdiri dari fungsi yang baik dan fungsi yang konsisten. Dimensi
gengsi terdiri dari gaya komunikasi prestis terhadap pembeli (2 indikator), dan
daya gengsi terlihat pada ciri produk (2 indikator)

No comments:

Post a Comment