Saturday, July 29, 2023

Pengertian Citra Merek

 


Kotler (2009:208) dalam Artika Romal (2016:5) mengatakan citra
merek adalah seperangkat keyakinan ide dan kesan yang terbentuk oleh seseorang
terhadap suatu objek. Image atau citra sendiri adalah suatu gambaran,
penyerupaan kesan utama atau garis besar bahkan bayangan yang dimiliki oleh
seseorang tentang suatu merek.
Kotler (2008) dalam jurnal Cindy Fransisca Tingkir (2014:63) “Citra
merek dapat diartikan sebagai penglihatan dan kepercayaan yang terpendam di
benak konsumen sebagai cerminan asosiasi yang tertahan di ingatan konsumen).”
Menurut Tjiptono (2005: 49) dalam Faisal Fati Manggala (2015:4) citra
merek adalah diskripsi tentang asosiasi dan keyakinan konsumen terhadap merek
tertentu. Menurut Rangkuti (2004: 43) dalam Faisal Fati Manggala (2015:4) citra
merek merupakan sekumpulan asosiasi merek yang terbentuk dibenak konsumen.
Dimana asosiasi adalah segala hal yang berkaitan dengan ikatan mengenai merek. .
Dapat disimpulkan bahwa citra merek merupakan apa yang melekat pada
benak konsumen saat dalam pikiran konsumen tersebut telah terbentuk pemikiran
yang melekat tentang pengalaman konsumen terhadap suatu merek, sehingga saat
konsumen tersebut mendengar mengenai suatu produk maka secara tidak
langsung konsumen tersebut langsung memikirkan merek tersebut.

No comments:

Post a Comment