Saturday, July 29, 2023

Persepsi Harga

 


Persepsi merupakan proses yang kompleks, memahami proses persepsi
konsumen sangat penting bagi pemasar agar dapat menghasilkan komunikasi yang
efektif dengan konsumen. Persepsi adalah suatu proses dimana berbagai objek
tertentu yang dilihat konsumen dengan panca indranya dipilih, diorganisir, dan
diinterpretasikan menjadi informasi yang bermakna (Ferrinadewi, 2008:42).
Persepsi harga berkaitan dengan penilaian terhadap harga yang dipengaruhi
oleh persepsi konsumen, sehingga pada akhirnya suatu produk dapat dikataan
memiliki harga yang mahal atau pun murah. Persepsi harga dapat mempengaruhi
konsumen dalam mengambil keputusan untuk kembali melakukan pembelian
suatu produk (Peter dan Olson, 2000:228 dalam Dewi & Suprapti, 2018:88).
Persepsi harga merupakan faktor yang sangat penting yang dapat
mempengaruhi keputusan pembelian. Harga yang rendah atau harga yang
terjangkau menjadi pemicu untuk meningkatkan kinerja pemasaran. Namun
persepsi harga juga dapat menjadi indikator kualitas dimana suatu produk/jasa
dengan kualitas tinggi akan berani dipatok dengan harga yang tinggi pula. (Pane,
2018:16).
Dari beberapa pendapat tersebut dapat disimpulkan persepsi harga adalah
suatu pemikiran atau penafsiran konsumen atau pembeli terhadap jumlah uang
yang akan digunakan untuk mendapatkan suatu produk atau jasa yang didapatkan
dari produk atau jasa.

No comments:

Post a Comment