Saturday, July 29, 2023

Pengaruh Persepsi Kualitas terhadap Niat Pembelian

 


Persepsi Kualitas adalah penilaian konsumen tentang keunggulan atau
keistimewaan keseluruhan pada produk (Zeithaml, 1988 dalam Shintaputri and
Wuisan, 2017:31). Persepsi Kualitas merupakan konsep yang lebih luas daripada
kualitas produk secara obyektif karena selain daya tahan dan perawatan, maka
Persepsi Kualitas mencakup pula dimensi kognitif berupa gengsi atau prestis.
Persepsi Kualitas yang melekat baik kepada suatu produk akan merangsang Niat
Pembelian pada konsumen. Hasil penelitian Li (2017) maupun Ramadhan and
Muthohar (2019) menunjukkan bahwa Persepsi Kualitas memberi pengaruh
signifikan terhadap Niat Pembelian. Dengan kata lain, semakin baik Persepsi
Kualitas Produk maka konsumen akan semakin memiliki sikap positif kepada
produk, yaitu berkeinginan membeli produk di waktu dekat, mengingat-ingat
untuk membeli produk atau bahkan bertambah yakin untuk melakukan pembelian.

No comments:

Post a Comment