Saturday, July 29, 2023

Pengertian Manajemen Pemasaran

 


Manajemen pemasaran pada dasarnya merupakan suatu kegiatan
penyusunan dan penerapan terhadap rencana-rencana di suatu perusahaan.
Dalam membuat perencanaan sangat dibutuhkan keahlian untuk
menentukan strategi dan perencanaan yang tepat. Peran manajemen
pemasaran disuatu perusahaan sangat penting. Diantaranya,
mempersiapkan suatu produk yang lebih inovatif dan menyeleksi pangsa
pasar yang sesuai dengan yang diharapkan oleh perusahaan serta
mempromosikan produk baru tersebut pada calon pembeli.
Manajemen pemasaran menurut Kotler dan Keller (2012:5),
Manajemen Pemasaran merupakan suatu seni dan ilmu di dalam pasar
sasaran untuk menarik, menjaga, juga meningkatkan konsumen dengan
menciptakan, mengkomunikasikan dan menghantarkan kualitas konsumen
yang unggul.
Menurut Tjiptono (2011:2), Manajemen pemasaran adalah suatu
teknik yang secara keseluruhan merupakan kegiatan bisnis yang
dipersiapkan untuk menyusun, menentukan harga, serta menyalurkan
suatu produk, jasa dan ide yang bisa memenuhi kebutuhan pasar
sasarannya sehingga tercapai tujuan perusahaan tersebut.
Pengertian Manajemen Pemasaran menurut Assauri (2013:12),
Manajemen pemasaran merupakan suatu aktivitas penjabaran, persiapan,
pelaksanaan, dan penerapan suatu rencana yang dilakukan demi
menciptakan, menyusun, dan menjaga keuntungan dari pertukaran dengan
tujuan pasar untuk mencapai misi di perusahaan dalam jangka panjang.
Berdasarkan definisi diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen
pemasaran merupakan suatu keterampilan atau seni untuk menentukan
pasar sasarannya, dengan cara menyusun, menentukan harga, dan
menyalurkan suatu produk terhadap pasar sasaran untuk mencapai tujuan
di dalam organisasi atau perusahaan dalam jangka waktu panjang.
Menurut Rangkuti (2010:105) manajemen dalam pemasaran
memiliki tiga tugas pokok, yaitu:
1. Menyusun strategi atau cara secara umum di dalam perusahaan.
2. Mengadakan strategi tersebut.
3. Melaksanakan penilaian, menganalisis, dan memperhatikan strategi
tersebut dalam pelaksanaanya (untuk menilai hasil dan kekeliruan serta
untuk mengatur kegiatan).

No comments:

Post a Comment