Saturday, July 29, 2023

Faktor-faktor Persepsi harga

 


Menurut Shichiffman dan Kanuk (2007) dalam Nanda Octaviona
(2016:402) persepsi merupakan suatu proses seseorang individu dalam
menyeleksi, mengorganisasikan, dan menterjemahkan stimulus informasi yang
datang menjadi suatu gambaran yang menyeluruh, persepsi harga ialah bagaimana
cara konsumen melihat harga sebagai harga yang tinggi, rendah dan adil.
Beberapa hal yang menjadi faktor dapat meningkatkan persepsi sebuah
harga yang di tawarkan oleh perusahaan menurut (Schiffman dan kanuk ,
2007:160) antara lain :
1) Persepsi kewajaran harga
Persepsi ini dipengaruhi oleh harga acuan yang didapatkan oleh
konsumen bedasarkan informasi yang didapatkannya.
2) Persepsi ketidakadilan harga
Persepsi ini didasari oleh pernyataan fleksibilitas dan objektifitas harga
yang diberikan produsen bedasarkan diskon-diskon dan paket paket yang
di berikan untuk menarik pelanggan secara tidak langsung untuk
membeli produk mereka.
Menurut Kotler dan keller (2009:180) menjelaskan proses-proses
pemahaman yang menjadi faktor dalam mempengaruhi persepsi konsumen antara
lain adalah :
1) Perhatian Selektif
Peroses alokasi kapasitas terhadap beberapa ransangan yang secara tak
sukarela disebabkan oleh stimulus dari beberapa orang.beberapa tantangan
mengenai stimulan dalam menarik perhatian konsumen, antara lain; Orangorang mungkin lebih memperhatikan stimulasi yang berhubungan dengan
kebutuhan saat ini, perhatian antisipasi konsumen terhadap sebuah ransangan
dan stimulasi yang besar dalam kaitannya dengan ukuran normal.
2) Distorsi Selektif
Menjelaskan kecenderungan orang untuk mengolah informasi menjadi suatu
pengertian pribadi.
3) Retensi Selektif
Orang-orang akan melupakan kebanyakan dari hal, yang mereka pelajari
dancenderung mempertahankan informasi yang mendukung pendirian dan
kepercayaan mereka.

No comments:

Post a Comment