Sunday, July 30, 2023

Tingkatan kualitas produk

 


Menurut Arif (2012), terdapat lima tingkatan didalam kualitas
produk, yaitu :
1. Manfaat inti (core benefit), yaitu jasa atau manfaat inti
sesungguhnya yang dibeli dan diperoleh oleh konsumen.
2. Manfaat dasar tambahan (basic product), tingkat selanjutnya
seorang pemasar harus mampu merubah manfaat inti menjadi
produk dasar.
3. Harapan produk (expected product), adalah serangkaian kondisi
yang diharapkan dan disenangi, dimiliki atribut produk
tersebut.
4. Kelebihan yang dimiliki produk (augmented product), yaitu
salah satu manfaat dan pelayanan yang dapat membedakan
produk tersebut dengan pesaing.
5. Potensi masa depan produk (potensial product), artinya
bagaimana harapan masa depan produk tersebut apabila terjadi
perubahan dan perkembangan teknologi serta selera konsumen.

No comments:

Post a Comment