Saturday, July 29, 2023

Manfaat dan Keuntungan Merek

 


Merek memiliki beberapa manfaat untuk perusahaan sehingga merek dapat
menjadi salah satu alasan keberhasilan suatu perusahaan dimasa yang akan dating.
Menurut Kotler & Keller (2012) dalam Priansa (2017:244), merek atau brand
akan memberikan manfaat kepada produsen :
1) Memudahkan perusahaan menangani produk dan menelusuri masalah,
2) Membantu dalam mengatur persediaan dan laporan keuangan
3) Memberikan perlindungan hukum untuk fitur atau aspek yang unik dari suatu
produk.
4) Brand name dapat dilindungi melalui merek dagang yang terdaftar, proses
produksi dapat dilindungi melalui hak paten, kemasan dapat dilindungi
melalui hak cipta dan desain-desain.
5) Hak atas kekayaan intelektual menjamin perusahaan dapat dengan aman
menanam modal dalam brand dan mendapatkan keuntungan suatu aktiva
yang berharga.
Menurut Temporal & Lee (2002) dalam Priansa (2017:245), alasan merek
sangat penting bagi konsumen yaitu :
1) Memberikan pilihan. Merek memberikan banyak pilihan yang memungkinkan
konsumen untuk membedakan berbagai macam tawaran yang disediakan
perusahaan.
2) Memudahkan keputusan. Merek yang terkenal lebih menarik dan mendapat
perhatian yang banyak, umumnya karena merek tersebut dikenal dan bisa
dipercaya sehingga membuat keputusan menjadi lebih mudah.
3) Memberikan jaminan kualitas. Ketika konsumen mencoba suatu merek, secara
otomatis mereka akan menyamakan pengalaman ini dengan tingkat kualitas
tertentu. Pengalaman yang menyenangkan akan menghasilkan ingatan yang
baik terhadap merek tersebut.
4) Memberikan pencegahan risiko. Sebagian besar konsumen menolak risiko,
konsumen akan menolak membeli suatu produk jika ragu terhadap hasilnya.
Pengalaman yang positif pada suatu merek akan memberikan keyakinan dan
kenyamanan untuk membeli sekalipun harganya mahal.
5) Alat untuk mengekspresikan diri. Merek memberikan kesempatan bagi
konsumen untuk mengekspresikan diri dalam berbagai cara misalnya untuk
mengekspresikan kebutuhan sosial-psikologis.

No comments:

Post a Comment