Saturday, July 29, 2023

Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Harga

 


Menurut Monroe (2003:161), persepsi harga sering diidentikan dengan persepsi
kualitas dan persepsi biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh produk. Persepsi harga
dibentuk oleh dua dimensi utama, yaitu persepsi kualitas dan persepsi biaya yang dikeluarkan.
a. Perceived Quality (persepsi kualitas) Konsumen cenderung lebih menyukai produk yang harganya
mahal ketika informasi yang didapat hanya harga produknya. Persepsi konsumen terhadap kualitas
suatu produk dipengaruhi oleh persepsi mereka terhadap nama merek, nama toko, garansi yang
diberikan (after sale services), dan negara yang menghasilkan produk tersebut.
b. Perceived Monetary Sacrifice (persepsi biaya yang dikeluarkan) Secara umum konsumen
menganggap bahwa harga merupakan biaya yang dikeluarkan atau dikorbankan untuk mendapatkan
produk. Akan tetapi konsumen mempunyai persepsi yang berbeda-beda terhadap biaya yang
dikeluarkan meskipun untuk produk yang sama. Hal ini tergantung situasi dan kondisi yang dialami
oleh konsumen, dalam hal ini terdapat tiga kondisi yang mempengaruhi persepsi konsumen terhadap
biaya yang dikeluarkan, yaitu persepsi terhadap pajak, persepsi terhadap kewajaran harga dan efek
ekuitas merek.
Berdasarkan dua faktor yang mempengaruhi persepsi harga diatas, dapat disimpulkan
bahwa dari kedua faktor tersebut sangat penting bagi perusahaan sebagai dasar dalam
menentukan persepsi kualitas dan persepsi biaya yang dikeluarkan secara langsung karena hal
tersebut dapat mempengaruhi persepsi konsumen mengenai harga suatu produ

No comments:

Post a Comment