Saturday, July 29, 2023

Pengertian Harga

 


Harga merupakan faktor yang sangat penting dalam meningkatkan
penjualan. Harga merupakan satu-satunya unsur bauran pemasaran yang
memberikan pemasukan atau pendapatan bagi perusahaan. Menurut Dinawan
(2010:133) harga dari sudut pandang pemasaran merupakan suatu moneter atau
ukuran lainnya (termasuk barang dan jasa lainnya) yang ditukarkan agar
memperoleh hak kepemilikan atau penggunaan suatu barang dan jasa.
Menurut Kotler (2008:41) harga adalah nilai yang dipertukarkan
konsumen untuk suatu manfaat atas pengkonsumsian, penggunaan atau
kepemilikan barang atau jasa.Harga juga mempunyai arti jumlah uang yang harus
konsumen bayarkan untuk mendapatkan suatu produk. Herman, et.al, dalam Agus
(2013:13)
Dinawan (2010:137) mengatakan bahwa persepsi harga terlihat dari :
1. Perbandingan harga dengan produk lain, yaitu bagaimana perbandingan harga
produk dengan produk pesaingnya.
2. Kesesuaian harga dengan kualitas produk, yaitu apakah harga yang ditawarkan
sudah sesuai dengan kualitas produk yang didapatkan.
3. Keterjangkauan harga, yaitu keterjangkauan harga yang ditawarkan produsen
kepada konsumen.
Dari pengertian-pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa harga
merupakan suatu moneter atau ukuran lainnya (termasuk barang dan jasa lainnya)
yang ditukarkan agar memperoleh hak kepemilikan atau penggunaan suatu barang
dan jasa. Hargajuga merupakan faktor dari keputusan pembelian serta
dapatmenunjang keberhasilan suatu perusahaan.

No comments:

Post a Comment