Saturday, July 29, 2023

Pengertian Manajemen Pemasaran

 


Menurut Philip & Keller (2012) dalam Priansa (2017:32) menyatakan
manajemen pemasaran adalah seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan meraih,
mempertahankan, serta menumbuhkan konsumen baru dengan menciptakan,
menghantarkan, serta mengomunikasikan nilai konsumen yang unggul.
Manajemen pemasaran adalah pengelolan yang baik dalam pelaksanaan
seluruh kegiatan pemasaran agar perusahaan berjalan baik, berkembang, dan
mendapat laba yang maksimal (Yuliantari et al., 2020:2).
Menurut Stanton (2005) dalam Priansa (2017:32) manajemen pemasaran
adalah sarana yang didayagunakan oleh bisnis untuk menjalankan konsep
pemasaran. Manajemen pemasaran adalah ilmu dan seni dalam melaksanakan
fungsi-fungsi manajemen dalam rangka menyampaikan produk dan nilai-nilai
yang tekandung di dalamnya dari pihak produsen kepada konsumen (Priansa,
2017:32).
Berdasarkan pengertian para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen
pemasaran adalah seni dan ilmu meraih dan mempertahankan pasar sasaran
dengan melaksanakan fungsi-fungsi manajemen untuk menumbuhkan konsumen
dan menyampaikan nilai produk kepada konsumen perusahaan agar perusahaan
dapat menjalankan kegiatan perusahaan secara efektif dan efisien guna mencapai
tujuan perusahaan.

No comments:

Post a Comment