Saturday, July 29, 2023

Tujuan Penetapan Harga

 


Suatu perusahaan dalam memilih tujuan penetapan harga pertama-tama
perusahaan tersebut harus memutuskan apa yang ingin dicapainya. Jika
perusahaan telah memilih pasar sasaran dengan tepat dan cermat maka strategi
bauran pemasarannya, yang termasuk di dalamnya adalah harga secara otomatis
akan sejalan dengan tujuan perusahaan.
Pada saat yang sama perusahaan mungkin juga bisa mengejar tujuan yang
lainnya, semakin jelas tujuan maka semakin mudah perusahaan tersebut untuk
menetapkan suatu harga. Tujuan penetapan harga menurut Situmorang
(2011:163), yaitu:
1. Tujuan berorientasi pada laba
Tujuan ini mengandung makna bahwa perusahaan akan mengabaikan
harga pesaing. Pilihan ini cocok dalam tiga kondisi yaitu, tidak ada pesaing,
perusahaan beroperasi pada kapasitas maksimum, harga bukanlah merupakan
atribut yang penting bagi pembeli.
2. Tujuan berorientasi pada volume
Tujuan ini dilaksanakan pada strategi mengalahkan pesaing. Pada tujuan
ini perusahaan akan melihat harga yang dipatok oleh kompetitor kemudian
menetapkan harga di atas atau di bawahnya.
3. Tujuan berorientasi pada citra (image)
Dalam tujuan ini, perusahaan berusaha menghindari persaingan dengan
jalan melakukan diferensiasi produk atau melayani pasar khusus.
4. Tujuan stabilitas harga
Tujuan ini dilakukan dengan jalan menetapkan harga untuk
mempertahankan hubungan yang stabil antara harga satu perusahaan dan harga
pemimpin industri.
5. Tujuan-tujuan lainnya
Harga dapat pula ditetapkan dengan tujuan mencegah masuknya pesaing,
mempertahankan mayoritas pelanggan, mendukung penjualan ulang, atau tangan
menghindari campur pemerintah

No comments:

Post a Comment