Saturday, July 29, 2023

Konsep Manajemen Pemasaran

 


Sejumlah konsep inti yang terdapat pada pemasaran dapat membantu dalam
memahami hakikat pemasaran. Menurut Kotler & Amstrong (2012) dalam Priansa
(2017:32), konsep inti dari pemasaran adalah sebagai berikut :
1) Target markets dan segmentation
Segmentasi berkaitan dengan mengelompokkan pasar menurut bauran
pemasaran yang berbeda dan dapat diidentifikasi berdasarkan aspek
demografis, psikografis, dan perilaku konsumen. Lalu perusahaan memilih
dan menetapkan segmen pasar yang akan dilayani sebagai pasar sasaran.
2) Marketplace, marketspace, dan metamarket
Marketplace bersifat fisik, misalnya berbelanja di toko. Markerspace bersifat
digital, misalnya berbelanja melalui internet. Metamarket bersifat
komplementer dari barang dan jasa berbgai industri yang relevan.
3) Marketer dan prospects
Pemasar (Marketer) adalah seseorang atau sekelompok orang yang berusaha
mendapat respon berupa perhatian, pilihan, dan pembelian dari pihak lain
(prospects).
4) Need, wants, dan demand
Pemasar (Marketer) harus memahami apa yang dibutuhkan, diinginkan, dan
apa permintaan pasar sasaran, karena kebutuhan berkaitan dengan sesuatu
yang harus dipenuhi.
5) Product, offering, dan brand
Produk berkaitan dengan nilai yaitu seperangkat manfaat yang ditawarkan
perusahaan kepada konsumen untuk memuaskan kebutuhannya.
6) Value dan satisfaction
Kinerja produk dan tuntutan konsumen harus sesuai sehingga kepuasan
konsumen yang bersangkutan bisa terbentuk.
7) Exchange dan transactions
Pertukaran merupakan proses memperoleh suatu produk melalui pihak tertentu
dengan penawaran. Transaksi merupakan pertukaran nilai antara dua pihak
atau lebih dan melibatkan waktu dan tempat.
8) Relationship and networks
Relationship marketing berguna untuk membangun hubungan yang saling
memuaskan dalam jangka panjang dengan konsumen, pemasok, distributor,
dan lainnya. Yang kemudian nantinya akan menghasilkan suatu jaringan
pemasaran antara perusahaan dan stakeholdernya.
9) Marketing channels
Marketing channels atau saluran pemasaran digunakan untuk mencapai pasar
sasaran yang terdiri dari communication channels, distribution channels,
service channels.
10) Supply chain
Supply chain menggambarkan suatu sistem penyampaian nilai dengan saluran
mulai dari bahan baku, produk akhir, sampai ke pembeli akhir.
11) Competition
Ada 4 (empat) level persaingan, yaitu brand competition, industry
competition, form competition, dan generic competition. Yang mencakup
seluruh pesaing aktual dan potensial.
12) Marketing environment
Lingkungan pemasaran terdiri dari lingkungan tugas (perusahaan, pemasok,
distributor, konsumen) dan lingkungan yang lebih luas (demografi, ekonomi,
alam, teknologi, politik, dan sosial budaya).
13) Marketing program
Mengembangkan program pemasaran merupakan tugas markerter, untuk
mencapai tujuan perusahaan. Dalam hal ini bauran pemasaran adalah
seperangkat alat (produk, harga, distribusi, dan promosi) yang digunakan
perusahaan untuk mewujudkan tujuan perusahaan dalam pasar sasaran.

No comments:

Post a Comment