Saturday, July 29, 2023

Niat Pembelian

 


Niat pembelian konsumen merujuk kepada suatu upaya untuk membeli produk
atau jasa (Diallo, 2012 dalam Erdil, 2015:200). Niat pembelian adalah suatu
kecenderungan untuk membeli suatu merek atau produk tertentu (Sallam &
Wahid, 2012 dalam Ramadhan and Muthohar, 2019:140). Niat pembelian
merupakan indikator terpenting untuk meramalkan perilaku konsumen karena
menurut Spears and Singh, 2004 dalam Wang and Chen, 2016:99), niat pembelian
adalah suatu rencana yang dilakukan secara sadar oleh seseorang untuk membeli
suatu produk. Niat pembelian juga dikatakan sebagai kesiapan konsumen untuk
membeli produk tertentu dalam waktu dekat (Wu et al., 2010 dalam Ramadhan
and Muthohar, 2019:140).
Pengertian-pengertian mengenai niat pembelian tersebut menyiratkan
indikator-indikator dari niat pembelian. Pada penelitian yang dilakukan oleh Erdil
(2015:201), Niat Pembelian dapat diukur dengan tiga buah indikator, yaitu: 1)
akan membeli di lain waktu, 2) mengingat-ingat untuk membeli, dan 3) punya
kecenderungan kuat untuk membeli.

No comments:

Post a Comment