Sunday, July 30, 2023

Merek

 


Sangadji dan Sopiah (2013) mengatakan bahwa merek merupakan suatu
nama atau simbol yang mengidentifikasikan suatu produk dan membedakannya
dengan produk-produk lain sehingga mudah dikenali oleh konsumen ketika hendak
membeli sebuah produk. Sedangkan menurut Kotler dan Keller (2012) merek
merupakan suatu penawaran dari sumber yang diketahui. Merek seperti McDonal’s
menimbulkan banyak asosiasi di benak orang yang membentuk merek tersebut:
hamburger, kesenangan, anak-anak, makanan cepat saji, dan kenyamana. Semua
perusahaan berjuang untuk membangun citra merek yang kuat, disukai masyarakat
dan memiliki keunikan. Terdapat enam level pengertian merek, yaitu:
1. Atribut
Merek mengingatkan pada atribut tertentu, misalnya Mercedes memberi kesan
sebagai mobil yang mahal, dibuat dengan baik, tahan lama dan bergengsi tinggi.
2. Manfaat
Atribut perlu diterjemahkan ke dalam manfaat fungsional dan emosional.
Sebagai contoh atribut “tahan lama” dapat diartikan sebagai manfaat
fungsional. Atribut mahal dapat diartikan ke dalam manfaat emosional seperti
“mobil ini meningkatkan gengsi saya”.
3. Nilai
Merek juga menyatakan sesuatu tentang nilai produsen, misalnya Mercedes
berarti kinerja tinggi, keamanan dan gengsi.
4. Budaya
Merek juga mewakili budaya tertentu, misalnya Mercedes mewakili budaya
Jerman yang terorganisasi, efisien dan bermutu tinggi.
5. Kepribadian
Merek mencerminkan kepribadian tertentu, misalnya Mercedes mencerminkan
pemimpin yang masuk akal (orang).
6. Pemakai
Merek menunjukkan jenis konsumen yang membeli atau menggunakan
produknya.
Definisi lain dikemukakan oleh Guntur (2010) yang menyebutkan bahwa
merek merupakan nama, istilah, tanda, simbol/lambang, desain, warna, gerak atau
kombinasi atribut – atribut produk lainnya yang diharapkan dapat memberikan
identitas dan diferensiasi terhadap produk pesaing, Pada dasarnya suatu merek juga
merupakan janji penjual untuk secara konsisten menyampaikan serangkaian ciriciri, manfaat dan jasa tertentu kepada pembeli. Namun beberapa merek yang sanga
terkenal dan memiliki ‘kesadaran’ tinggi tidak selalu disukai dan dipilih. Dari
beberapa defisini merek diatas, dapat disimpulkan bahwa merek adalah sebuah
nama, simbol atau gambar yang diciptakan oleh perusahaan sebagai pembeda suatu
produk dari produk pesaing yang sejenis.

No comments:

Post a Comment