Saturday, July 29, 2023

Pengertian Pemasaran

 


Kegiatan utama yang dilakukan setiap pelaku bisnis dalam
mempertahankan keberlangsungan hidup usahanya adalah memasuki
sebuah pasar, dengan cara memasarkan suatu produk. Keberhasilan setiap
pelaku bisnis tergantung bagaimana cara atau strategi yang diterapkan
perusahaan dalam memasarkan produknya, agar dapat mencapai tujuan
yang diharapkan. Kegiatan pemasaran berkaitan dengan pemenuhan
kebutuhan dan keinginan banyak orang, maka dari itu produsen harus
memberikan kualitas yang diharapkan oleh konsumen untuk mendapatkan
manfaat yang sama dengan pengorbanannya agar terpenuhi kebutuhannya.
Menurut American Marketing Association (AMA) dalam Kotler
dan Keller (2009:5), Pemasaran merupakan suatu aktivitas dan sistem di
dalam suatu perusahaan atau produsen untuk memberikan kualitas kepada
konsumen agar memperoleh keuntungan, dengan cara menciptakan suatu
produk, menginformasikan kepada konsumen secara langsung maupun
secara tidak langsung tentang suatu produk yang akan produsen jual, dan
memberikan kesenangan kepada pelanggan.
Menurut Kotler dan Armstrong (2012:127) pemasaran merupakan
suatu proses sosial dan manajerial dimana individu atau kelompok
mendapatkan sesuatu yang dibutuhkan dan diinginkan melalui penciptaan
dan penukaran suatu produkndengan pihak lain yang saling membutuhkan.
Menurut Kotler (2008:76) pemasaran adalah sistem yang secara
menyeluruh merupakan aktivitas dari suatu usaha yang diarahkan untuk
mengatur, memutuskan suatu harga, memasarkan dan menyalurkan barang
ataupun jasa yang memenuhi kebutuhan baik untuk pembeli yang ada
maupun pembeli potensial.
Berdasarkan definisi diatas dapat disimpulkan bahwa pemasaran
merupakan suatu kegiatan yang bersangkut-paut dengan pemenuhan
kebutuhan dan keingian setiap orang dalam kehidupan sehari-harinya.
Kegiatan pemasaran dilakukan dengan cara menciptakan dan menukarkan
suatu produk dengan pihak lain, untuk mendapatkan barang atau jasa yang
diingingkan agar terpenuhi kebutuhannya.

No comments:

Post a Comment