Saturday, July 29, 2023

Citra Merek

 


Dalam Wang dan Tsai (2014) menurut American Marketing
Association merek adalah nama, istilah, tanda, simbol, desain atau kombinasi,
yang bertujuan untuk mengidentifikasi produk dan untuk membedakan
mereka dari suatu kompetisi.
Dalam Fianto (2014) menurut Hawkins, et al (2004) mengatakan
bahwa citra merek adalah persepsi dalam benak konsumen terhadap kesan
yang baik dari sebuah merek. Kotler & Keller (2012) berpendapat bahwa
suatu kesan yang baik dapat ditimbulkan oleh suatu merek ketika memiliki
keunggulan yang unik, reputasi yang baik, populer, dapat dipercaya dan
bersedia untuk memberikan pelayanan yang terbaik.
Dalam Upamannyu (2012) Hsieh, et al (2004) berpendapat bahwa
citra merek dapat membantu konsumen dalam mengenali kebutuhan dan
kepuasan mereka terhadap merek, juga membedakan merek dari pesaingnya
sehingga memotivasi pelanggan untuk membeli produk dengan merek yang
baik.
Dalam Dmour (2013) menurut Keller (2008) citra merek adalah
persepsi konsumen tentang merek yang tercermin dari asosiasi merek yang
muncul dalam pikiran konsumen. Jadi dapat disimpulkan bahwa citra merek
adalah suatu kepercayaan yang dianggap penting bagi konsumen dari suatu
produk yang begitu melekat dalam benak dan pikiran konsumen yang
menimbulkan adanya keyakinan dalam diri konsumen.
Faktor-faktor yang membentuk citra merek adalah:
1. Kekuatan asosiasi merek (strength of brand association)
Tergantung pada bagaimana informasi masuk ke dalam ingatan
konsumen dan bagaimana informasi tersebut bertahan sebagai
bagian dari citra merek.
2. Keuntungan asosiasi merek (Favourability of brand association)
Kesuksesan sebuah proses pemasaran sering tergantung pada proses
terciptanya asosiasi merek yang menguntungkan, dimana konsumen
dapat percaya pada atribut yang diberikan mereka dapat
memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen.
3. Keunikan asosiasi merek (Uniqueness Of brand association)
Suatu merek harus memiliki keunggulan bersaing yang menjadi
alasan bagi konsumen untuk memilih merek tertentu.Keunikan
asosiasi merek dpat berdasarkan atribut produk, fungsi produk atau
citra yang dinikmati konsumen.

No comments:

Post a Comment