Saturday, July 29, 2023

Tujuan dan Fungsi Pemasaran

 


Dalam tujuan pemasaran menurut Peter Drucker adalah untuk mengetahui dan
memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk atau jasa itu cocok dengan pelanggan
selanjutnya menjual dirinya sendiri. Sedangkan menurut Kotler dan Keller, ideal pemasaran
hendaknya menghasilkan seorang pelanggan yang siap untuk membeli. Semua yang
dibutuhkan selanjutnya adalah menyediakan produk dan jasa itu.
Dari pernyataan tersebut dapat dipahami bahwa orientasi yang dimiliki perusahaan
hendaknya tidak hanya terbatas pada sejauh mana produk bisa terjual dan dikonsumsi serta
memperoleh keuntungan besar melainkan dibutuhkan upaya untuk mengetahui dan memahami
keinginan pelanggan dalam konsumsinya sehingga cocok dan puas. Dengan demikian tentunya
secara otomatis laba perusahaan akan meningkat.
Pemasaran merupakan tugas terakhir dari kegiatan ekonomi dalam memuaskan
kebutuhan hidup manusia. Dalam hal ini pemasaran memiliki fungsi sebagaimana yang
disampaikan pleh M. Fuad, dkk 2000 yaitu menentukan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh
manusia serta menjual barang dan jasa tersebut ke tempat konsumen berada pada waktu yang
diinginkan, dengan harga terjangkau tetapi tetap menguntungkan bagi perusahaan yang
memasarkan.
Berdasarkan fungsi diatas dapat dipahami bahwa pemasaran memiliki posisi dan peran
yang strategis dalam memenuhi kebutuhan konsumen setiap saat dengan memertimbangkan
aspek kemudahan bagi pembeli untuk mendapatkan barang tersebut, sehingga perusahaan
dalam hal ini akan mendapatkan keuntungan. Selain itu, ada beberapa fungsi pemasaran lain
menurut Basu Swastha 2002, diantaranya:
a. Fungsi pertukaran, meliputi:
1) Fungsi pembelian
Sebagai fungsi untuk pemenuhan kebutuhan barang yang tidak tersedia kemudian dibeli dengan
kebutuhan konsumen yang selanjutnya dijual ke pasar. Fungsi ini dilakukan oleh pembeli untuk
memilih jenis barang yang akan dibeli, kualitas yang dinginkan, kualitas yang memadai, dan
penyedia yang sesuai.
2) Fungsi penjualan
Sebagai fungsi untuk pemenuhan kebutuhan barang yang tidak tersedia kemudian dibeli sesuai
dengan kebutuhan konsumen yang selanjutnya dijual ke pasar. Meliputi kegiatan-kagiatan untuk
mencari pasar dan mempengaruhi permintaan melalui personal selling dan periklanan.
b. Fungsi penyedia fisik, meliputi:
1) Fungsi pengangkutan
Sebagai fungsi pemindahan barang dari tempat barang yang dihasilkan ke tempat barang yang
dikonsumsikan. Fungsi pengangkutan dapat dilakukan dengan mengunakan kereta api, truk,
pesawat udara, dan sebagainya. Selain itu, fungsi ini juga menjadi sarana perluasan pasar karena
menghubungkan berbagai pihak.
2) Fungsi penyimpanan.
Sebagai fungsi menyimpan barang-barang pada saat barang telah selesai di produksi hingga
dikonsumsikan. Fungsi ini dapat dilakukan oleh produsen, pedagang besar, pengecer dan
perusahaan-perusahaan khusus yang melakukan penyimpanan, seperti gudang umum (public
warehouse).
c. Fungsi penunjang, meliputi:
1) Fungsi pembelanjaan
Sebagai fungsi untuk mendapatkan modal dari sumber ekstern guna menyelengarakan kegiatan
pemasaran. Atau bertujuan menyediakan dana untuk melayani penjual kredit ataupun untuk
melaksanakan fungsi pemasaran yang lain.
2) Fungsi penanggungan resiko
Sebagai fungsi menghindari dan mengurangi resiko yang terjadi dengan berkaitan dengan
kegiatan pemasaran, seperti menanggung resiko perusahaan, merupakan kegiatan yang selalu
ada didalam semua kegiatan bisnis.
3) Standarisasi barang dan grading
Standarisasi merupakan fungsi yang bertujuan menyederhanakan keputusan-keputusan
pembelian dengan menciptakan golongan barang tertentu yang didasarkan pada kriteria seperti
ukuran, berat, warna, dan rasa. Sedangkan grading mendefinisikan golongan tersebut ke dalam
berbagai tingkatan kualitas. Standarisasi dan grading sebagai fungsi tolak ukur serta
filteraturterhadap barang hasil produksi sebelum dikonsumsikan.
4) Pengumpulan informasi pasar
Sebagai fungsi untuk mengetahui kondisi pasar serta kebutuhan konsumen yang selanjutnya
ditindak lanjuti oleh perusahaan dalam melakukan aktivitas produksi. Pengumpulan informasi
pasar, bertujuan mengumpulkan berbagai macam informasi pemasaran yang dapat di pakai oleh
manajer pemasaran untuk mengambil keputusan.
Dari penjelasan di atas mengenai tujuan dan fungsi pemasaran dapat disimpulkan bahwa
perusahaan dalam menjalankan bisnisnya perlu memahami dan mengetahui kebutuhan,
keinginan pasar, mampu membaca situasi pasar serta menjalankan fungsi-fungsi pemasaran
tersebut dengan baik karena dengan demikian tujuan dari perusahaan untuk mendapatkan laba
dan memiliki konsumen yang loyal akan dapat dipercayai.

No comments:

Post a Comment