Saturday, July 29, 2023

Pengertian Persepsi Harga

 


Menurut schiffman dan kanuk (2007:160) Persepsi harga merupakan
bagaimana konsumen memandang harga tertentu apakah tinggi, rendah atau
wajar yang memiliki pengaruh kuat terhadap maksud pembelian konsumen dan
kepuasan pembelian.
Paul Peter dan Jerry Olson (2000) dalam Nur Fajar Setianingsih
(2015:84) menyatakan Persepsi harga berkaitan dengan bagaimana informasi
harga dipahami seluruhnya oleh konsumen dan memberikan makna yang dalam
bagi mereka pada saat konsumen melakukan evaluasi dan penelitian terhadap
harga dari suatu produk sangat dipengaruhi oleh perilaku dari konsumen itu
sendiri.
Zeithaml (2006) dalam Archi C. Ruslim (2015: 395) menyatakan
persepsi harga adalah anggapan konsumen bedasarkan produk itu disebabkan
Ulasan persepsi mereka sendiri tentang harga itu sendiri.
Rangkuti (2009) dalam Nanda Oktaviana (2016:402) persepsi
mengenai harga diukur berdasarkan persepsi pelanggan yaitu dengan cara
menanyakan kepada pelanggan variabel-variabel apa saat yang menurut mereka
paling penting dalam memilih sebuah produk dan biaya relatif yang harus
konsumen keluarkan untuk memperoleh produk atau jasa yang paling diinginkan.
Dengan kata lain persepsi pada sebuah harga yang ditawarkan pada suatu
produk dikatakan mahal, murah atau sedang dari masing-masing individu tidaklah
sama, karena tergantung dari persepsi individu yang dilatarbelakangi oleh
lingkungan dan kondisi individu itu sendiri, dapat disimpulkan juga Persepsi
Harga adalah anggapan konsumen terhadap mahal, wajar ataupun murahnya
harga yang ditawarkan konsumen dilatarbelakangi oleh beberapa kondisi dari
individu itu sendiri.

No comments:

Post a Comment