Sunday, July 30, 2023

Persepsi Konsumen

 


Menurut Kotler dan Keller (2016) persepsi konsumen adalah cerminan dari
asosiasi yang ada di pikiran konsumen itu sendiri, persepsi tidak hanya bergantung
pada rangsangan fisik akan tetapi juga rangsangan yang berhubungan dengan
lingkungan sekitar dan keadaan individu yang bersangkutan. Sedangkan Menurut
Sangadji dan Sopiah (2013) Persepsi adalah suatu proses yang muncul akibat
adanya sensasi. Persepsi individu secara bersamaan muncul berdasarkan
pengalaman yang dirasakan oleh mereka, persepsi tentang penampilan fisik produk,
dan persepsi mereka tentang kesesuaian produk dengan keinginan mereka sangat
memengaruhi kepuasan atai ketidakpuasan terhadap produk atau penyedia layanan
(Sarkar dkk, 2018).
Berdasarkan beberapa pendapat ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa
persepsi adalah suatu proses yang timbul akibat adanya sebuah sensasi yang
dipengaruhi oleh rangsangan fisik serta lingkungan sekitar melalui indra
pendengaran, penglihatan, penciuman, sentuhan sehingga dapat menciptakan
sebuah perasaan tertentu. Persepsi setiap orang terhadap suatu objek akan berbedabeda., oleh karena itu persepsi memiliki sifat subjektif. Persepsi konsumen terhadap
sebuah merek atau produk sangat penting karena menurut Arifin dan Fachrodji
(2015) Persepsi konsumen dapat menggerakan konsumen dalam keputusan
pembelian produk. Jika sebuah produk memiliki citra yang buruk menurut persepsi
konsumen, maka kemungkinan untuk memilih produk tersebut akan semakin kecil

No comments:

Post a Comment