Sunday, July 30, 2023

Perilaku Konsumen

 


Menurut Kotler (2004), perilaku kosumen adalah mempelajari cara
individu, kelompok, dan organisasi memilih, membeli, memakai, serta
memanfaatkan barang, jasa, gagasan, atau pengalaman dalam rangka memuaskan
kebutuhan dan hasratnya. Sedangkan Engel, et al. (1994), mendefinisikan perilaku
konsumen sebagai tindakan yang langsung terlihat dalam mendapatkan,
mengkonsumsi, menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang
mendahului dan menyusul tindakan ini. Terdapat tiga (3) yang mempengaruhi
perilaku konsumen, diantaranya pengaruh lingkungan, perbedaan dan pengaruh
individual dan proses psikologis.
1. Pengaruh Lingkungan
- Budaya
- Kelas Sosial
- Pengaruh Pribadi
- Keluarga
2. Perbedaan Individu
- Sumber daya konsumen
- Motivasi dan keterlibatan
- Pengetahuan
- Sikap
- Kepercayaan
3. Proses Psikologis
- Pemrosesan
- Pembelajaran
- Perubahan Sikap
Menurut Sumarwan (2002), dari beberapa definisi yang telah disebutkan
di atas dapat disimpulkan bahwa perilaku konsumen adalah semua kegiatan,
tindakan, serta proses psikologis yang mendorong tindakan tersebut pada saat
sebelum membeli, ketika membeli, menggunakan, menghabiskan produk dan jasa
setelah melakukan hal-hal di atas atau kegiatan mengevaluasi

No comments:

Post a Comment