Saturday, July 29, 2023

Pengertian Produk

 


Pada saat konsumen membeli suatu produk, konsumen tersebut
tidak hanya membeli produk dilihat dari fisiknya saja, tetapi juga
melihat harga yang tertera di dalam produk dan melihat jasa yang telah
diberikan perusahaan. Unsur tersebut merupakan alat pemuas
konsumen. Gabungan yang berbeda-beda pada setiap unsur tersebut
akan memberikan kepuasan yang beda pula karena gabungan tersebut
merupakan produk lain.
Menurut Saidi dalam Sudaryono (2016:207) produk adalah
segala sesuatu yang bisa ditawarkan kepasar untuk diperhatikan,
dimiliki, dipakai, atau dikonsumsi oleh calon pembeli sehingga bisa
memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Dalam arti luas, produk
merupakan segala sesuatu yang dapat dipasarkan atau dijual, contohnya
benda-benda fisik, tempat atau tanah, jasa manusia, dan juga ide atau
suatu gagasan.
Menurut Fandy Tjiptono (2008:95) produk adalah sesuatu yang
bisa dijual atau dipasarkan oleh perusahaan untuk dicari, dilihat, dibeli,
dipakai maupun dikonsumsi oleh konsumen yang digunakan untuk
memuaskan keinginan dan kebutuhan konsumen yang bersangkutan.
Menurut Haryanti (2011) Produk merupakan inti dari suatu
kegiatan pemasaran diperusahaan karena produk merupakan hasil akhir
dari produsen yang bisa dipasarkan maupun ditawarkan kedalam pasar
sehingga suatu perusahaan tersebut mampu memenuhi target dan
tercapai tujuannya. Merebut keinginan pelanggan untuk membeli suatu
produk adalah salah satu tujuan produsen, sehingga produk yang
produsen jual harus memiliki kualitas tinggi agar produk yang dijual
mampu bersaing dengan pasar.
Berdasarkan definisi diatas dapat disimpulkan bahwa produk
merupakan segala sesuatu baik berupa barang maupun jasa yang bisa
ditawarkan ke dalam pasar oleh suatu perusahaan atau produsen untuk
dicari, diperhatikan, dibeli, dikonsumsi, ataupun digunakan jadi dapat
memuaskan keinginan dan kebutuhan konsumen. Faktor penting dalam
memasarkan suatu produk adalah memberikan kualitas baik untuk
produk yang akan dijual agar mampu bersaingan dengan pasar.
Menurut Assauri (2013:202) produk yang dibeli konsumen
memiliki tiga tingkatan yaitu:
1. Produk Inti (core product), yaitu inti dasar yang sebenarnya dari
sebuah produk yang didapat konsumen atas suatu produk.
2. Produk Formal (formal product), yaitu suatu struktur, merk, model,
kualitas, ataupun kemasan yang ada di dalam produk.
3. Produk Tambahan (augemented product), yaitu pelengkap dari
produk inti yang beragam meliputi penempatan, penyajian,
penanganan, dan pengiriman dengan gratis.

No comments:

Post a Comment