Sunday, July 30, 2023

Keputusam Pembelian

 


Menurut Tjiptono (2011:21), keputusan pembelian merupakan
keputusan konsumen untuk membeli suatu produk setelah sebelumnya
memikirkan tentang layak tidaknya membeli produk itu dengan
mempertimbangkan informasi–informasi yang ia ketahui dengan realitas
tentang produk itu setelah ia menyaksikannya. Keputusan pembelian
merupakan hal yang lazim dipertimbangkan konsumen dalam proses
pemenuhan kebutuhan akan barang maupun jasa.
Menurut Kotler dan Amstrong (2012) dalam Indrasari (2019:70-71),
mengemukakan proses keputusan pembelian konsumen terdiri dari lima
tahap yang dilakukan oleh seorang konsumen sebelum sampai kepada
keputusan pembelian dan selanjutnya pasca pembelian. Hal ini
menunjukkan bahwa proses membeli yang dilakukan oleh konsumen
dimulai jauh sebelum tindakan membeli dilakukan serta mempunyai
konsekuensi setelah pembelian tersebut dilakukan.
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa keputusan pembelian
merupakan salah satu bagian dari perilaku konsumen. Dimana perilaku
konsumen merupakan proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan
dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta
pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.

No comments:

Post a Comment