Saturday, July 29, 2023

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga

 


Menurut Laksana (2019:110) faktor-faktor yang memepengaruhi harga,
meliputi :
1) Demand for the product, perusahaan perlu memperkirakan permintaan
terhadap produk yang merupakan langkah penting dalam penetapan harga
sebuah produk.
2) Target share of market, yaitu market share yang ditargetkan oleh
perusahaan.
3) Competitive reactions, yaitu rekasi dari pesaing
4) Use of creams-skimming pricing of penetration pricing, yaitu
mempertimbangkan langkah-langkah yang perlu diambil pada saat
perusahaan memasuki pasar dengan harga yang tinggi atau dengan harga
yang rendah.
5) Other parts of the marketing mix, yaitu perusahaan perlu
mempertimbangkan kebijakan marketing mix (kebijakan produk,
kebijakan promosi, dan saluran distribusi).
6) Biaya untuk memproduksi atau membeli produk
7) Product line pricing yaitu penetapan harga terhadap produk yang saling
berhubungan dalam biaya, permintaan maupun tingkat persaingan.
8) Berhubungan dengan permintaan :
a) Cross elasticity positip (elastisitas silang yang positif), yaitu kedua
macam produk merupakan barang substitusi atau pengganti
b) Cross elasticity negatip (elastisitas silang yang negatif), yaitu kedua
macam produk merupakan barang komplementer atau berhubungan
satu sama lain.
c) Cross elasticity nol (elastisitas silang yang nol), yaitu kedua macam
produk tidak saling berhubungan.
9) Berhubungan dengan biaya : penetapan harga dimana kedua macam
produk mempunyai hubungan dalam biaya.
10) Mengadakan penyesuaian harga :
a) Penurunan harga, dengan alasan kelebihan kapasitas, kemerosotan
pangsa pasar, dan gerakan mengejar dominasi dengan biaya lebih
rendah.
b) Mengadakan kenaikan harga, dengan alasan inflasi biaya yang terusterusan di bidang ekonomi dan permintaan yang berlebihan.

No comments:

Post a Comment