Saturday, July 29, 2023

Pengertian Pemasaran

 


Menurut Stanton, William J (2005) dalam Priansa (2017:30) pemasaran
adalah sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan,
menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang-barang yang
memuaskan keinginan dan jasa, baik kepada konsumen saat ini maupun
konsumen potensial.
Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika yang dikutip Kotler & Amstrong
(2010) dalam Yuliantari et al., (2020:1), pemasaran adalah proses sosial dan
manajerial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan hal-hal yang
mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara
bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.
Menurut Terence A. Shimp (2010) dalam Priansa (2017:31), pemasaran
merupakan sekumpulan aktivitas bisnis dan organisasi lainnya menciptakan
pertukaran nilai di antara bisnis, perusahaan, dan para konsumennya.
Pemasaran merupakan sekumpulan aktivitas dan fungsi manajemen yang di
dalamnya bisnis dan organisasi lainnya menciptakan pertukaran nilai di antara
bisnis dan perusahaan dan para konsumennya (Priansa, 2017:31).
Dari beberapa pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa pemasaran
adalah segala kegiatan bisnis dan fungsi manajemen yang dirancang untuk
memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen dengan mempertukarkan produk
bernilai yang ditawarkan oleh perusahaan.

No comments:

Post a Comment