Saturday, July 29, 2023

Faktor-Faktor Pembentuk Citra Merek

 


Suatu brand image atau citra merek dari produk tidak dapat terbentuk
dengan sendirinya, namun suatu brand image atau citra merek terbentuk karena
adanya berbagai faktor.
Menurut Keller (2008: 4) dalam Cindy Fransisca Tingkir (2014:63)
faktor-faktor yang membentuk citra merek atau brand image dapat diukur melalui
beberapa katergori sebagai berikut :
a. Kekuatan asosiasi merek (strength of brand association), yaitu
tergantungpada bagaimana informasi masuk ke dalam ingatan konsumen
dan bagaimana informasi tersebut bertahan sebagai bagian dari brand
image.
b. Keuntungan asosiasi merek (favourability of brand association),yaitu
kesuksesan sebuah proses pemasaran seiring tergantung pada proses
terciptanya asosiasi merek yang menguntungkan, dimana konsumen
dapat percaya pada atribut yang diberikan mereka dapat memuaskan
kebutuhan dan keinginan konsumen.
c. Keunikan asosiasi merek (uniqueness of brand association),yaitu suatu
merek harus memiliki keunggulan bersaing yang menjadi alasan bagi
konsumen untuk memilih merek tertentu.
Keunikan asosiasi merek dapat berdasarkan atribut produk, fungsi produk
atau citra yang dinikmati konsumen.
Dari uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa citra merek merupakan
pemahaman konsumen mengenai merek secara keseluruhan, mulai dari
kepercayaan konsumen terhadap suatu merek tertentu, dan bagaimana konsumen
memandang suatu merek terrsebut.

No comments:

Post a Comment