Saturday, July 29, 2023

Komponen Citra Merek

 


Faktor lingkungan dan personal sebagai awal terbentuknya suatu citra
merek, karena faktor lingkungan dan personal mempengaruhi persepsi seseorang.
Faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi adalah atribut-atribut teknis yang
ada pada suatu produk dimana faktor ini dapat dikontrol oleh produsen, selain itu
juga sosial budaya termasuk dalam faktor ini. Faktor personal adalah kesiapan
mental konsumen untuk melakukan proses persepsi, pengalaman konsumen
sendiri, mood, kebutuhan serta motivasi konsumen.
Menurut Simamora (2008) dikutip oleh Zulfadly (2012) dalam Faisal
Fati Manggala (2015:4) komponen citra merek terdiri dari tiga bagian :
1. Citra produsen (corporate image) Adalah sekumpulann asosiasi yang
dipersepsikan konsumen terhadap perusahaan yang membuat suatu produk
atau jasa.
2. Citra konsumen (user image) Adalah asosiasi yang dipersepsikan
konsumen terhadap pemakai yang menggunakan suatu barang atau jasa.
3. Citra produk (product image) adalah Sekumpulan asosiasi yang
dipersepsikan konsumen terhadap suatu produk

No comments:

Post a Comment