Saturday, July 29, 2023

Faktor-faktor Keputusan Pembelian

 


Menurut Kotler dan keller (2009:166) Perilaku konsumen adalah studi
tentang bagaimana individu, kelompok, dan organisasi memilih, membeli
menggunakan dan bagaimana barang, jasa, ide, atau pengalaman untuk
memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka.
Menurut Kotler dan keller (2009:166) Perilaku pembelian konsumen
dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor-faktor budaya, sosial, dan pribadi.
Faktor-faktor budaya mempunyai pengaruh yang paling luas dan dalam.
a) Faktor Budaya
Kelas budaya, sub budaya dan sosial sangat mempengaruhi prilaku
pembelian konsumen. Budaya (culture) adalah determinan dasar keinginan
dan perilaku seseorang. Setiap budaya terdiri dari beberapa subbudaya
(subculture) yang lebih kecil yang memberikan identifikasi dan sosialisasi
yang lebih spesifik untuk anggota mereka. Sub budaya meliputi
kebangsaan, agama, kelompok ras dan wilayah geografis. Dan kelas sosial
yang merupakan divisi yang relatif homogen dan bertahan lama dalam
sebuah masyarakat, tersusunn secara hierarki dan memiliki anggota
dengan berbagi nilai ,minat dan perilaku yang sama.
b) Faktor Sosial
Selain budaya, faktor sosial seperti kelompok referensi, keluarga, serta
peran sosial dan status dalam kelompok sosial mempengaruhi perilaku
pembelian konsumen. Kelompok referensi (reference group) adalah
semua kelompok yang mempunyai pengaruh langsung (tatap muka) atau
tidak langsung terhadap sikap atau perilaku orang tersebut. Keluarga juga
merupakan organisasi pembelian konsumen yang paling penting dalam
masyarakat, anggota keluarga juga merepresentasikan kelompok referensi
utama yang paling berpengaruh.
c) Faktor Pribadi
Keputusan pembelian juga di pengaruhi oleh karakteristik pribadi. Faktor
pribadi meliputi usia dan tahap dalam siklus hidup pembeli, pekerjaan dan
keadaan ekonomi, kepribadian dan konsep diri, serta gaya hidup dan nilai.
Orang membeli barang dan jasa yang berbeda-beda sepanjang hidupnya
menurut usia dan dipengaruhi juga oleh tahap siklus hidupnya. Pekerjaan
dan lingkungan dapat mempengaruhi konsumsi mereka karena berkaitan
dengan penghasilan yang dapat dibelanjakan.
Gaya hidup merupakan pola hidup seseorang di dunia yang terungkap dari
aktifitas, minat, dan opininya.
Menurut Kotler dan Amstrong (2008:177) ada empat jenis prilaku
pembelian konsumen, yaitu:
a. Perilaku membeli yang kompleks
Konsumen menjalankan prilaku membeli yang kompleks ketika mereka
benar-benar terlibat dalam pembelian dan mempunyai pandangan yang
berbeda antar merek yang satu dengan merek yang lain.
b. Perilaku membeli yang mengurangi ketidak sesuaian
Perilaku membeli mengurangi ketidak sesuaian yang terjadi ketika
konsumen sangat terlibat dengan pembelian yang mahal, jarang, atau
yang berisiko tetapi hanya melihat sedikit perbedaan di antara merekmerek yang ada.
c. Perilaku membeli karena kebiasaan
Perilaku membeli konsumen dalam situasi ini bercirikan keterlibatan
konsumen yang rendah dan kecilnya perbedaan antar merek.
d. Perilaku membeli yang mencari variasi
Perilaku membeli konsumen dalam situasi ini bercirikan rendahnya
keterlibatan konsumen namun perbedaan merek dianggap cukup berarti.

No comments:

Post a Comment