Sunday, July 30, 2023

Tahapan Terjadinya Minat Beli

 


Menurut Albari (2003) menyatakan bahwa motivasi sebagai kekuatan
dorongan dari dalam diri individu yang memaksa mereka untuk melakukan
tindakan. Jika seseorang mempunyai motivasi yang tinggi terhadap obyek
tertentu, maka dia akan terdorong untuk berperilaku menguasai produk tersebut.
Sebaliknya jika motivasinya rendah, maka dia akan mencoba untuk menghindari
obyek yang bersangkutan. Implikasinya dalam pemasaran adalah untuk
kemungkinan orang tersebut berminat untuk membeli produk atau merek yang
ditawarkan. Keinginan untuk membeli timbul setelah konsumen merasa tertarik
dan ingin memakai produk yang dilihatnya, menurut Howard dan Shay bahwa
proses membeli (buying intention) akan melalui lima tahapan, yaitu :
1) Pemenuhan kebutuhan
2) Pemahaman kebutuhan
3) proses mencari barang
4) Proses evaluasi
5) Terjadinya Minat Beli
Informasi mengenai produk mendasari proses membeli sehingga akhirnya
muncul suatu kebutuhan, di sini konsumen akan mempertimbangkan dan
memahami kebutuhan tersebut, apabila penilaian pada produk sudah jelas maka
konsumen akan mencari produk yang dimaksud, yang kemudian akan berlanjut
pada evaluasi produk dan akhirnya konsumen akan mengambil keputusan untuk
membeli atau memutuskan untuk tidak membeli yang disebabkan produk tidak
sesuai dan mempertimbangkan atau menunda pembelian pada masa yang akan
datang

No comments:

Post a Comment