Saturday, July 29, 2023

Teori Pemasaran

 


Pemasaran merupakan suatu istilah yang sudah tidak asing bagi
masyarakat dan segala aktivitas di dalamnya yang mempengaruhi kehidupan
masyarakat. Banyak yang mengartikan pemasaran sebagai suatu aktivitas
menjual, mendistribusikan dan membeli suatu barang atau jasa dari produsen
kepada konsumen. Pengertian tersebut tidak salah, namun sebenarnya
pemasaran memiliki pengertian menurut beberapa ahli. AMA (American
Marketing Association) (2004) dalam Tjiptono (2012) mendefinisikan
pemasaran sebagai fungsi organisasi dan serangkaian proses menciptakan,
mengkomunikasikan dan menyampaikan nilai bagi para pelanggan, serta
mengelola relasi pelanggan sedemikian rupa sehingga memberikan manfaat
bagi organisasi dan para stakeholder-nya. Dalam Tjiptono (2012) pengertian
pemasaran mengalami perubahan hingga akhirnya disempurnakan oleh AMA
(American Marketing Association) (2007) pemasaran adalah aktivitas,
serangkaian institusi dan proses menciptakan, mengkomunikasikan,
menyampaikan dan mempertukarkan tawaran (offerings) yang bernilai bagi
pelanggan, klien, mitra dan masyrakat umum. Sedangkan menurut Venkatsh
dan Penaloza (2006) pemasaran adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan
perusahaan untuk menstimulasi permintaan atas produk atau jasanya dan
memastikan bahwa produk dijual dan disampaikan kepada para pelanggan.
Menurut Meldrum (2000) pemasaran adalah proses bisnis yang berusaha
menyelaraskan antara sumber daya manusia, finansial dan fisik organisasi
dengan kebutuhan dan keinginan para pelanggannya dalam konteks strategi
kompetitif organisasi.
Jadi manajemen pemasaran merupakan serangkaian aktivitas hal yang
begitu dekat dengan masyarakat berhubungan dengan penciptaan,
pendistribusian dan penciptaan nilai atas suatu produk bagi konsumen.

No comments:

Post a Comment