Saturday, July 29, 2023

Pemasaran

 


Menurut Assauri (2018:4) menyatakan bahwa “Pemasaran diartikan sebagai
hasil prestasi kegiatan usaha yang langsung berkaitan dengan mengalirnya barang
atau jasa dari produsen ke konsumen”.
Menurut Kurniawan (2018:3) menyatakan bahwa “Marketing atau
pemasaran suatu perpaduan dari kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan dan
berkaitan untuk mengetahui kebutuhan konsumen sekaligus mengembangkan
promosi, distribusi, pelayanan dan harga agar kebutuhan konsumen dapat
terpuaskan dengan baik pada tingkat keuntungan tertentu”.
Menurut Tjiptono dan Diana (2020:3), pemasaran didefinisikan sebagai
proses menciptakan, mendistribusikan, mempromosikan, dan menetapkan harga
barang, jasa dan gagasan untuk memfasilitasi relasi pertukaran yang memuaskan
dengan para pelanggan dan untuk membangun dan mempertahankan relasi yang
positif dengan para pemangku kepentingan dalam lingkungan yang dinamis.
Berdasarkan penjabaran ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa pemasaran
merupakan suatu kegiatan atau proses menciptakan, mendistribusikan, dan
mempromosikan, serta melakukan pertukaran barang/jasa dengan suatu nilai yang
harus dibayarkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

No comments:

Post a Comment