Friday, July 28, 2023

Harga

 


Definisi harga menurut (Kotler, 2003) adalah sejumlah uang yang
dibebankan untuk sebuah produk atau jasa. Secara lebih luas, harga
adalah keseluruhan nilai yang ditukarkan konsumen untuk mendapatkan
keuntungan dari kepemilikan terhadap sebuah produk atau
jasa.Sedangkan Stanton mendefinisikan harga adalah sejumlah uang dan
atau barang yang dibutuhkan untuk mendapatkan kombinasi dari barang 
yang lain yang disertai dengan pemberian jasa. Harga merupakan elemen
dari bauran pemasaran yang bersifat fleksibel, dimana suatu saat harga
akan stabil dalam waktu tertentu tetapi dalam seketika harga dapat juga
meningkat atau menurun dan juga merupakan satu-satunya elemen yang
menghasilkan pendapatan dari penjualan.
Perusahaan menetapkan suatu harga dengan melakukan pendekatan
penetapan harga secara umum yang meliputi satu atau lebih diantara tiga
perangkat perimbangan berikut ini yakni:
a. Cost-Based Pricing (Penetapan harga berdasarkan biaya)
1) Cost-Plus-Pricing (Penetapan harga biaya plus): Suatu metode
penelitian harga yang paling sederhana, dimana metode ini
menambah standar mark-up terhadap biaya produk.
2) Break Even Analysis and Target Profit Pricing (Analisis peluang
pokok dan penetapan harga laba sasaran): Suatu metode yang
digunakan perusahaan untuk menetapkan harga apakah akan break
even atau membuat target laba yang akan dicari.
b. Value-Based Pricing (Penetapan harga berdasarkan nilai)
Metode ini menggunakan satu persepsi nilai dari pembeli (bukan dari
biaya penjualan) untuk menetapkan suatu harga.
c. Competition-Based Pricing (Penetapan harga berdasarkan persaingan)
1) Going-rate Pricing (Penetapan harga berdasarkan harga yang
berlaku): Perusahaan mendasarkan harganya pada harga pesaing
dan kurang memperhatikan biaya dan permintaannya. Perusahaan 
dapat mengenakan harga yang sama, lebih tinggi atau lebih rendah
dan pesaing utamanya.
2) Scaled-Bid Pricing (Penetapan harga penawaran tertutup):
Perusahaan menetapkan pesaing dan bukan berdasarkan hubungan
yang kaku atas biaya atau permintaan perusahaan.

No comments:

Post a Comment