Friday, July 28, 2023

Keputusan Pembelian

 


Menurut Kotler (2003), keputusan pembelian adalah tindakan dari
konsumen untuk mau membeli atau tidak terhadap produk. Dari berbagai
faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian suatu
produk atau jasa, biasanya konsumen selalu mempertimbangkan kualitas,
harga dan produk sudah yang sudah dikenal oleh masyarakat. Sebelum
konsumen memutuskan untuk membeli, biasanya konsumen melalui
beberapa tahap terlebih dahulu yaitu pengenalan masalah, pencarian
informasi, evaluasi alternatif, keputusan membeli atau tidak, perilaku
pascapembelian.
Pengertian lain tentang Keputusan pembelian menurut Schiffman
dan Kanuk (2000) adalah keputusan pembelian adalah suatu keputusan
seseorang dimana dia memilih salah satu dari beberapa alternatif pilihan
yang ada.Berdasarkan definisi diatas disimpulkan bahwa keputusan
pembelian adalah tindakan yang dilakukan konsumen untuk melakukan
pembelian sebuah produk. Oleh karena itu, pengambilan keputusan
pembelian konsumen merupakan suatu proses pemilihan salah satu dari
beberapa alternatif penyelesaian masalah dengan tindak lanjut yang 
nyata.Setelah itu konsumen dapat melakukan evaluasi pilihan dan
kemudian dapat menentukan sikap yang akan diambil selanjutnya.
Menurut Swastha dan Handoko (2011) berpendapat bahwa lima
peran individu dalam sebuah keputusan membeli, yaitu:
a) Pengambilan inisiatif (initiator): individu yang mempunyai inisiatif
pembelian barang tertentu atau mempunyai kebutuhan atau keinginan
tetapi tidak mempunyai wewenang untuk melakukan sendiri.
b) Orang yang mempengaruhi (influencer): individu yang mempengaruhi
keputusan untuk membeli baik secara sengaja maupun tidak sengaja.
c) Pembuat keputusan (decider): individu yang memutuskan apakah
akan membeli atau tidak, apa yang akan dibeli, bagaimana
membelinya, kapan dan dimana membelinya.
d) Pembeli (buyer): individu yang telah melakukan pembelian yang
sebenarnya.
e) Pemakai (user): individu yang menikmati atau memakai produk atau
jasa yang dibeli

No comments:

Post a Comment