Friday, July 28, 2023

Kepercayaan Merek


Kepercayaan dapat digunakan sebagai skala pengukuran rasa suka
terhadap merek, dimana rasa suka seorang pembeli terhadap merek termasuk ke
dalam tingkatan keempat loyalitas pada piramida loyalitas merek (Aaker D. A.,
2008). Menurut Aaker dan Lasser menyatakan pengertian brand trust yaitu:
“Brand trust as feeling of security held by the consumer in his/her interaction
with the brand, that it is based on the perceptions that the brand is reliable and
responsible for the interests and welfare of the consumer”. Artinya, brand trust
(kepercayaan merek) adalah rasa aman yang dimiliki oleh seorang konsumen
melalui interaksinya dengan merek, yang didasarkan pada persepsi konsumen
bahwa merek tersebut dapat dipercaya dan bertanggung jawab untuk kepentingan
dan kesejahteraan konsumen. 
Kepercayaan pelanggan pada merek (brand trust) didefinisikan sebagai
keinginan pelanggan untuk bersandar pada sebuah merek dengan risiko-risiko
yang dihadapi karena ekspetasi terhadap merek itu akan menyebabkan hasil yang
positif (Lau & Lee, 1999). Dari pendapat para ahli, dapat disimpulkan bahwa
kepercayaan merek adalah kemauan konsumen mempercayai dan merasa aman
pada suatu merek dengan segala resikonya, karena adanya harapan merek tersebut
dapat memberikan hasil yang positif dan dapat diandalkan bagi mereka

No comments:

Post a Comment